Minggu, 13 Desember 2015




KEISTIMEWAAN BUNGA LAVEBDER



Lavender atau lavendel atau Lavandula adalah sebuah genus tumbuhan berbunga dalam suku Lamiaceae yang memiliki 25-30 spesies. Nama latinnya Lavandula afficinalis syn.L. angustifolia (Lamiaceae) sosok pohonnya mirip rumput. Maka ada yang menyebut si Ungu, Rumput Raksasa. Tetapi ada juga yang menyebutnya si ilalang. Asal tumbuhan ini adalah dari wilayah selatan Laut Tengah sampai Afrika tropis dan ke timur sampai India. Genus ini termasuk tumbuhan menahun, tumbuhan dari jenis rumput-rumputan, semak pendek, dan semak kecil. Lavender mampu tumbuh tinggi 1 hingga mencapai 4 kaki dengan lebar 1- 4 kaki. Bunga lavender senantiasa mekar di saat musim panas tiba.
 Tanaman ini menyebar di Kepulauan Canaria, Afrika Utara dan Timur, Eropa selatan (terutama Perancis selatan), Arabia, dan India. Karena telah ditanam dan dikembangkan di taman-taman di seluruh dunia, tumbuhan ini sering ditemukan tumbuh liar di daerah di luar daerah asalnya.
Orang Roma menyebut Lavender dengan sebutan lavare yang artinya ‘mencuci’ atau ‘menyegarkan’. Kerena mereka merasakan bahwa aroma bunga Lavender mampu menyegarkan otak dan menjernihkan jiwa. Aroma ini diperoleh dari minyak (ekstrak) bunga Lavender. Yang mana, minyak tersebut dapat dijadikan parfum, minyak gosok, ramuan untuk mandi dan obat-obatan. Karena Lavender banyak manfaatnya, maka ia dijuluki Si Ungu Ajaib dan memiliki nilai jual tinggi.
Bunga Lavender terkenal dengan wanginya yang sangat harum dan segar sehingga digunakan pada industri minyak wangi. Tunas atau akar dari tanaman bunga ini mengandung ekstrak minyak yang harum dan memiliki banyak fungsi. Bunga Lavender dapat melindungi kulit kita dari gigitan serangga seperti nyamuk. Ekstrak atau minyak Lavender juga digunakan dalam pembuatan sabun, sampo dan lotion tubuh. Wangi atau aroma bunga ini mampu menenangkan perasaan kita, sehingga kita merasa santai. Oleh sebab itu ekstrak bunga ini juga digunakan untuk minyak aromaterapi. Selain itu, Bunga Lavender juga mengandung antiseptik yang dapat membunuh kuman dan bakteri. Jadi, selain berguna dalam perawatan kulit dan tubuh, bunga ini juga digunakan sebagai pembersih dan pengharum lantai.
Bunga Lavender juga sering digunakan sebagai bahan perasa pada makanan, gula, teh dan bahan jamu. Namun bunga ini harus dijauhkan dari orang yang sedang hamil dan menyusui karena dapat menimbulkan alergi.Selain memiliki keharuman yang berkhasiat, bunga Lavender juga mempunyai penampilan yang sangat menarik. Bentuk bunga ini kecil-kecil dan berwarna ungu.

4 komentar:

  1. Best Merkur Safety Razors 2021 | xn--o80b910a26eepc81il5g.online
    Merkur Futur 메리트 카지노 쿠폰 Double Edge Safety Razor - Open Comb kadangpintar Merkur Futur HD Safety 샌즈카지노 Razor, Open Comb Merkur Futur Double Edge Safety Razor, Open Comb

    BalasHapus